logo

Written by Wawan on . Hits: 831

PROSEDUR KEBERATAN

A. SYARAT DAN PROSEDUR PENGAJUAN

1. Pemohon berhak mengajukan keberatan dalam hal ini ditemukannya alasan sebagai berikut :

a. Adanya penolakan atas permohonan informasi;

b. Tidak disediakannya informasi yang wajib diumumkan secara berkala sebagaimana dimaksud dalam Bagian II.A-SK-KMA No. 1-144/KMA/SK/I/2011;

c. Tidak ditanggapinya permohonan informasi;

d. Permohonan ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;

e. Tidak dipenuhinya permohonan informasi;

f. Pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau

g. Penyampaian informasi melebihi waktu yang diatur dalam SK-KMA No. 1-144/KMA/SK/I/2011.

2. Keberatan ditujukan kepada atasan PPID melalui Petugas Informasi dan Dokumentasi oleh Pemohon atau kuasanya.

B. REGISTRASI

1. Petugas Informasi dan Dokumentasi wajib memberikan formulir keberatan kepada Pemohon untuk mengisi dan membantu pengisiannya jika diperlukan (Lampiran IX – Formulir Keberatan).

2.Petugas Informasi dan Dokumentasi langsung memberikan salinan formulir keberatan sebagai tanda terima pengajuan keberatan.

3. Petugas Informasi dan Dokumentasi wajib mencatat pengajuan keberatan dalam Register Keberatan (Lampiran X – Register Keberatan) dan meneruskannya kepada atasan PPID dengan tembusan kepada PPID dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja sejak permohonan diajukan.

C. TANGGAPAN ATAS KEBERATAN

1. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan dalam bentuk keputusan tertulis yang disampaikan kepada Petugas PPID dengan tembusan kepada PPID selambat-lambatnya dalam waktu 20 (dua puluh) hari sejak dicatatnya pengajuan keberatan tersebut dalam register keberatan.

2. Keputusan tertulis sebagaimana dimaksud sekurang-kurangnya memuat :

a. Tanggal pembuatan surat tanggapan atas keberatan;

b. Nomor surat tanggapan atas keberatan;

c. Tanggapan/jawaban tertulis atasan PPID atas keberatan yang diajukan yang berisi salah satu atau beberapa hal sebagai berikut :

(i) Mendukung sikap atau putusan PPID disertai alasan dan pertimbangan yang jelas;

(ii) Membatalkan putusan PPID dan/atau memerintahkan PPID untuk memberikan sebagian atau seluruh informasi yang diminta kepada Pemohon dalam jangka waktu tertentu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja;

(iii) Memerintahkan PPID untuk menjalankan kewajibannya dalam memberikan pelayanan informasi sesuai dengan Undang-undang dan peraturan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja;

(iv) Menetapkan biaya yang wajar yang dapat dikenakan kepada Pemohon informasi (Lampiran XI – Surat Tanggapan Keberatan).

3. Petugas Informasi dan Dokumentasi menyampaikan atau mengirimkan keputusan Atasan PPID kepada Pemohon atau kuasanya selambat-lambatnya dalam waktu 2 (dua) hari kerja sejak menerima tanggapan dari Atasan PPID dan ditembuskan ke PPID serta Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat Mahkamah Agung RI.

4. Pemohon yang mengajukan keberatan yang tidak puas dengan keputusan Atasan PPID berhak mengajukan permohonan penyelesaian sengketa informasi kepada Komisi Informasi selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kerja sejak diterima keputusan Atasan PPID.

Laporan Rekapitulasi Pengaduan

TAHUN 2024 

No. Materi Pengaduan Masuk

Diselesaikan       

Di PA. Enrekang

Dteruskan             

Ke PTA. Makassar

Keterangan / Rekap Laporan
1.

Pelanggaran Terhadap Kode Etik Atau Pedoman Perilaku Hakim

 Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
2. Penyalahgunaan Wewenang / Jabatan  Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
3. Pelanggaran Sumpah Jabatan  Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
4.

Pelanggaran Terhadap Pelanggaran Disiplin PNS

 Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
5. Perbuatan Tercela  Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
6. Pelanggaran Hukum Acara  Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
7. Kekeliruan Adminisrasi  Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
8. Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan  Nihil  Nihil  Nihil  Link Laporan
JUMLAH        

 

 

 

 

 

TAHUN 2023
No. Materi Pengaduan Masuk

Diselesaikan

Di PA. Enrekang

Dteruskan

Ke PTA. Makassar

Keterangan
1.

Pelanggaran Terhadap Kode Etik Atau

Pedoman Perilaku Hakim

 Nihil      
2. Penyalahgunaan Wewenang / Jabatan  Nihil      
3. Pelanggaran Sumpah Jabatan  Nihil      
4.

Pelanggaran Terhadap Pelanggaran

Disiplin PNS

 Nihil      
5. Perbuatan Tercela  Nihil      
6. Pelanggaran Hukum Acara  Nihil      
7. Kekeliruan Adminisrasi  Nihil      
8. Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan  Nihil      
JUMLAH        

 

 

TAHUN 2022
No. Materi Pengaduan Masuk

Diselesaikan

Di PA. Enrekang

Dteruskan

Ke PTA. Makassar

Keterangan
1.

Pelanggaran Terhadap Kode Etik Atau

Pedoman Perilaku Hakim

 Nihil      
2. Penyalahgunaan Wewenang / Jabatan  Nihil      
3. Pelanggaran Sumpah Jabatan  Nihil      
4.

Pelanggaran Terhadap Pelanggaran

Disiplin PNS

 Nihil      
5. Perbuatan Tercela  Nihil      
6. Pelanggaran Hukum Acara  Nihil      
7. Kekeliruan Adminisrasi  Nihil      
8. Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan  Nihil      
JUMLAH        
 
TAHUN 2021
No. Materi Pengaduan Masuk

Diselesaikan

Di PA. Enrekang

Dteruskan

Ke PTA. Makassar

Keterangan
1.

Pelanggaran Terhadap Kode Etik Atau

Pedoman Perilaku Hakim

 Nihil      
2. Penyalahgunaan Wewenang / Jabatan  Nihil      
3. Pelanggaran Sumpah Jabatan  Nihil      
4.

Pelanggaran Terhadap Pelanggaran

Disiplin PNS

 Nihil      
5. Perbuatan Tercela  Nihil      
6. Pelanggaran Hukum Acara  Nihil      
7. Kekeliruan Adminisrasi  Nihil      
8. Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan  Nihil      
JUMLAH        

 

 
TAHUN 2020
No. Materi Pengaduan Masuk

Diselesaikan

Di PA. Enrekang

Dteruskan

Ke PTA. Makassar

Keterangan
1.

Pelanggaran Terhadap Kode Etik Atau

Pedoman Perilaku Hakim

 Nihil      
2. Penyalahgunaan Wewenang / Jabatan  Nihil      
3. Pelanggaran Sumpah Jabatan  Nihil      
4.

Pelanggaran Terhadap Pelanggaran

Disiplin PNS

 Nihil      
5. Perbuatan Tercela  Nihil      
6. Pelanggaran Hukum Acara  Nihil      
7. Kekeliruan Adminisrasi  Nihil      
8. Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan  Nihil      
JUMLAH        

 

 

TAHUN 2019
No. Materi Pengaduan Masuk

Diselesaikan

Di PA. Enrekang

Dteruskan

Ke PTA. Makassar

Keterangan
1.

Pelanggaran Terhadap Kode Etik Atau

Pedoman Perilaku Hakim

 Nihil      
2. Penyalahgunaan Wewenang / Jabatan  Nihil      
3. Pelanggaran Sumpah Jabatan Nihil      
4.

Pelanggaran Terhadap Pelanggaran

Disiplin PNS

 Nihil      
5. Perbuatan Tercela  Nihil      
6. Pelanggaran Hukum Acara  Nihil      
7. Kekeliruan Adminisrasi  Nihil      
8. Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan  Nihil      
JUMLAH        

 

 

TAHUN 2018
No. Materi Pengaduan Masuk

Diselesaikan

Di PA. Enrekang

Dteruskan

Ke PTA. Makassar

Keterangan
1.

Pelanggaran Terhadap Kode Etik Atau

Pedoman Perilaku Hakim

 Nihil      
2. Penyalahgunaan Wewenang / Jabatan  Nihil      
3. Pelanggaran Sumpah Jabatan  Nihil      
4.

Pelanggaran Terhadap Pelanggaran

Disiplin PNS

 Nihil      
5. Perbuatan Tercela  Nihil      
6. Pelanggaran Hukum Acara  Nihil      
7. Kekeliruan Adminisrasi  Nihil      
8. Pelayanan Publik yang Tidak Memuaskan  Nihil      
JUMLAH  Nihil      

Video Profil PA ENREKANG

Prosedur Berperkara PA ENREKANG

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Enrekang

Jl. Sultan Hasanuddin No. 190/450 Enrekang

Telp: 0420-21058
Fax: 0420-21058

Email Umum    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Email Delegasi : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 Lokasi Kantor Pengadilan Agama Enrekang

Pengadilan Agama@2018
Survei
PTSPOnline